DKM Al Hikmah SMAN 20 Bandung

The Muslim Teenagers Of Al-Hikmah 20

Kisah kake dan Cucu “Baca Quran seperti Air… “

leave a comment »

Assalmu’alaikum lur. hehe. (dulur maksudnya) maklum lagi usumnya sunda mix betawi mode on kan ye.

Temen2 seperjuanganku, aku punya cerita tentang manfaat baca Al Quran ni.
Manfaat baca Al Quran walo kita gak tau artinya. Jadi gini loh lur,

Suatu hari, ada 2 seseorang, yaitu kakek kecil dan anak tua. hehe kebalik.
mereka ceritanya imigran yang tinggal di Amerika, mereka cuma tinggal berdua, gak ditemenin neneknya. ceritanya nih, si kakek selalu ngajakin cucunya itu untuk membaca Al Quran, begitu juga dirinya sendiri, selalu saja setiap hari bermesraan dengan Al Quran, ciee.. hehe.

Tiba-tiba, muncul tuh pemikiran dari sang anak kecil alias cucunya itu, dia bertanya pada kakeknya, “kakek kakek, eemmm, ke ke kenapa sih kek, kite tuh harus baca Al Quran, emm padahal kan kite gak tau artinya, eemm ber berr berarti kalo gitu si si sia sia aja dong kita baca Al Quran, kita kan gak ta ta tahu artinya?” gitu kata si anak kecilnya tuh. terus kakenya ngejawab nih, “OOhhh benarkah begituu? Anda Yakin? Atau anda ingin menggunakan pilihan bantuan? hehe Lebay.. gak gitu gak gitu ah. “Benarkah begitu? Membaca Al Quran tanpa kita tau artinya bukanlah hal yang sia-sia nak. Cucuku,, apakah kau ingin tahu, mengapa membaca Al Quran tanpa kita tahu artinya adalah bukanlah hal yang sia-sia?” Tanya kakeknya pada cucunya. “Iya, Tentu kakeku sayaaang!” jawab cucunya. Lalu si kakek tua itu menyuruh cucunya yang segede kecil itu untuk mengambil sebuah keranjang. diambilah keranjang itu oleh cucunya tersebut, cucunya bertanya, “Untuk apa keranjang ini?” kakenya menjawab dan memerintah kepada cucunya “Sekarang, kau ambil batu bara (areng klo basa sundanya mah) lalu taruh areng itu di dalam keranjangnya”. si anak yang segede kecil itu melakukan apa yang diperintahkan oleh kakeknya. lalu kakeknya menyuruh ia lagi “sekarang kau keluarkan batubara itu dari keranjangnya”. lalu cucunya melakukan perintah kakenya tersebut.

kakenya menyuruh lagi “cuu, sekarang isikan air ke bak mandi yang ada di kamar mandi kita dengan menggunakan keranjang itu” cucunya langsung heran pada perintah kakenya tersebut, cucunya berkata pada kakenya “kakeee, mana bisa saya mengambil air di sungai ke bak mandi kita dengan menggunakan keranjang ini? bocorr kaleee!” hehehe gak gitu gak gitu ah. “kakekku sayang, mana bisa aku mengambil air dengan keranjang ini? lalu kakenya menjawab, “tapi, kau belum mencoba cuu, sekarang kau cobalah dulu!” akhirnya cucunya mencoba untuk mengambil air dari sungai dengan menggunakan keranjang tersebut. sesampainya di sungai, setiap kali ia mencelupkan keranjangnya ke sungai agar bisa mngemabil air tersebut tetapi tetep, gak bisa. Airnya tentu tidak bisa tertampung, tapi si anak kecil itu terus terus terus mencoba sampe sampe dia berpikir seperti ini “saya harus berlari cepat ke kamar mandi setelah menyiuk (hehe) air dari sungai ini” akhirnya ia mencoba idenya, tapi tetep, belum juga nyampe kamar mandi udah abis di jalan, beuhh kasian. Akhirnya setelah keringat yang bercucuran membasahi sekujur tubuhnya, setelah rasa lelah menyelimuti badanyanya, ia pun menyerah, ia mendatangi kakenya dengan keranjang ditangannya dan ia berkata pada kakenya “kee, aku nyerah deh,aku tidak bisa mengambil air dengan keranjang ini” terus kakenya malah seri melihat cucunya yang bercucuran keringat dan bermandikan air sungai, kakenya berkata “wahai cucuku, coba kau lihat keranjang yang ada ditangan mu, apa yang terjadi dengan kernajangmu itu?” cucuya memperhatikan keranjang di tangannya dan kemudian ia menjawab “waah kakek, keranjanngnya ko jadi bersih ye, tadinya kan ada bekas batubaranya gitu!” kakenya menjawab “yaiyalah da kena air atuh, kebasahan plus kebersihin sama air atuh cuu areng-arengnya” cucunya menjawab sambil tersenyum “hehehe eem oh iya ya ke” Lalu kakenya tersenyum kembali pada cucunya, dan ia bertanya lagi pada cucunya “Jadi sekarang kau faham mengapa membaca Al Quran itu bukan hal yg sia2 walopun kita tak tau artunya?” cucunya menggeleng-gelengkan kepala, kakenya tersenyum “cucuku kau ingin tahu mengapa?” cucunya mengangguk, lalu kakenya menceritakan “Cucuku, kau lihat keranjang itu,ketika kau berusaha utk mngambil air yang ada di sungai dengan keranjng itu, kau tidak mampu melakukannya, tapi lihat keranjang yang tadinya kotor bekas batubara yang tadi kau simpan didalamnya,menjadi bersih, karena tersapu oleh air yang kau ambil dari sungai itu” cucunya masih melongo, kakenya to the point “Jadi ibaratnya keranjang itu adalah kita “manusia” dan air itu adalah Al Quran, kita sebagai keranjang yang tak mampu menampung air (tak mengerti arti Al Quran) dan kotor dengan batubara (hati kotor dgn dosa-dosa) ketika kita sebagai keranjang itu mencoba menampung air (ketika kita mencoba membaca Al Quran) keranjang menjadi terhapuskan dari kotornya bekas batu bara itu (hati kita yang kotor menjadi bersih dengan membaca Al Quran), keranjang yang bolong-bolong yang kita gunakan ibaratnya, bahwa kita tidak faham akan arti bacaan Al Quran (jadi walaupun kita tidak tahu artinya membaca Al Quran itu seperti air, air yang akan membersihkan hati kita dari kotoran dosa-dosa). “Oohhh subhanalloh ya kek, aku sekarang paham, mengapa kita tetap harus baca Al Quran” Cucunya berkata dengan semanngat setelah mendengar penjelasan dari kakenya, lalu kakenya berkata “Kalo begitu tetap semangat membaca Al Quran ya cucuku!”, cucunya menajawab “Siap kakeku, Semangat!”. Ya pada akhirnya kakek dan cucunya, mereka berniat beli ember supaya bisa ngangkut air ke kamar mandi (artinya mereka juga berusaha utk faham arti Al Quran agar kesempurnaan mengamalkan Al Quran mereka dapatkan).

Sekian ceritany, mudah2n bermanfaat.. dan yuu mari membaca Al Quran, dan juga yuu ikutan tahsin yu buat akhwat di 20, kita sudah ada sarana utk bertahsin, sayang jika tdk di manfaatkan, belajar tahsinya seru ko, bersama t ican! Cerita ini juga didapet dari teh ican, yu marii ikut tahsin yuu… hehe

Syukron!

Wassalmu’alaikum wr wb.

Written by DKM Al Hikmah SMAN 20 Bandung

April 1, 2010 at 11:43 pm

Posted in Semua

Tagged with , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: